Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Murah Meriah, Ini Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Koi


Murah Meriah, Ini Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Koi

Urutan media filter di chamber kolam koi yang baik dan benar

Jika teman teman sudah mempunyai kolam ikan koi dengan air yang bening, patut berbanggalah dan stop trial and error, tapi jika teman teman masih menemukan air kolam koi yang masih kotor dan tidak sehat, maka bahasan berikut ini sangatlah bermanfaat untuk teman teman semua. Sistem penyaringan atau filtrasi air kolam koi mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia per-koi-an, filter merupakan nyawa dari suatu kehidupan kolam koi yang mendukung untuk tumbuk dan berkembang nya ikan koi kesayangan kita. Semahal berapapun harga pembuatan kolam koi, jika sistem filtrasi nya tidak diatur sedemikian rupa sesuai dengan kaidah proses alam yang baik dan benar, tidak akan bisa menjadi tumbuh dan berkembang nya ikan koi yang berkualitas atau malah sebaliknya ikan koi yang sudah kita beli dengan kualitas bagus akan menjadi turun kualitas nya karena kualitas filter yang tidak bekerja secara maksimal sehingga akan menghasilkan hasil akhir berupa air kolam yang kotor dan menjadi sarang penyakit, alih alih memelihara ikan koi, yang ada malah memelihara jamur dan kutu.

Kebersihan dan kesehatan air merupakan faktor yang sangat penting untuk sebuah kolam koi. Apa sih tujuan kita memelihara ikan koi? Tentu karena keindahan bentuk ikan koi dipadukan dengan keindahan kolam yang menambah fungsi rumah hunian yang pada akhirnya akan menghadirkan kesejukan ketika kita melihat ikan ikan yang ada di kolam dalam kondisi sehat dan dengan dukungan air yang bersih dan sehat. Kebanyakan penghobi ikan koi frustasi dan bingung karena air kolam koi kotor, keruh, dan mempunyai bau dan aroma air kolam yang mengeluarkan bau anyir dan tidak sedap, sebenarnya ini adalah fungsi dan peran media filter yang tidak bekerja dengan baik sebagai pendukung yang paling utama untuk menjaga kualitas air kolam. Air yang bersih dan sehat tidaklah instan, untuk mendapatkan kualitas air yang bersih dan sehat memang bukan hanya media filter saja yang menjadi faktor utamanya. Terdapat peran dan fungsi dari alam di sekitar nya yang mempengaruhi, yaitu sebagai berikut:

Kolam teman teman, termasuk jenis kolam indoor atau outdoor? Kolam outdoor lebih mudah terserang penyakit berupa jamur dan kutu ikan, tetapi kolam indoor tidak muda terserang penyakit.

Bagaimana konstruksi botom drain, diffuser dan kemiringan dasar kolam teman teman? Dasar kolam koi disarankan untuk menggunakan model cekung ke arah bottom drain dan diffuser, karena pipa bottom drain akan bekerja lebih optimal untuk menyedot aliran air dan kotoran ikan yang ada di dalam kolam koi, penggunaan jumlah bottom drain dapat disesuaikan dari ukuran kolam koi, untuk model cekung dasar kolam bertujuan agar kotoran ikan koi dapat langsung turun tersedot bersama air melalui pipa bottom drain ke chamber pertama.

Bagaimana instalasi pipa dan pemakaian pipa? Yaitu pipa baik untuk bottom drain, pipa antar chamber, pipa sirkulasi output yang menghubungkan chamber filter ke kolam utama haruslah disesuaikan dengan ukuran kolam dan kapasitas mesin pompa yang digunakan, serta pipa jalur backwash.

Bagaiman desain pembuatan dan alur fungsi chamber media filter yang pas sesuai dengan kebutuhan kolam? Sebaiknya sesuai dengan kaidah yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Kegunaan Filter Kolam Koi

Sebelum membahas lebih jauh tentang kegunaan filter kolam koi, teman teman bisa baca tentang peran dan fungsi filter bagi kolam koi dengan klik disini. Filter atau media filter dalam konteks ini mempunyai guna dan peran untuk memberikan pasokan air bersih yang sehat kepada kolam koi yang pada akhirnya untuk habitat ikan koi, ingat ya air bersih belum tentu sehat, tetapi air bersih dan sehat lah yang dibutuhkan ikan koi untuk tumbuh dan berkembang. Efek yang bisa saja terjadi ketika kebutuhan air bersih dan sehat pada kolam koi tidak terpenuhi adalah sebagai berikut:

Penyakit yang menyerang badan ikan koi yang mengakibatkan warna ikan koi menjadi pudar

Penyakit yang menyerang tubuh ikan koi yang mengakibatkan ikan koi tidak dapat berkembang dan jumbo

Penyakit yang menyerang tubuh ikan koi yang mengakibatkan kematian yang dapat berasal dari kedua penyebab diatas dan ditambah dengan filter yang tidak bekerja dengan baik sehingga kotoran ikan koi akan berubah menjadi racun bagi ikan koi itu sendiri.

Pada artikel lain saya sudah pernah membahas tentang fungsi dan peran filter dalam kolam koi, nah, yang belum membaca bisa klik disini untuk dapat mengerti tentang pembahasan selanjutnya, dalam konteks ini saya akan resume singkat tentang kegunaan media filter bagi kolam koi yaitu sebagai berikut:

Urutan Pertama yaitu Filter Mekanis

Peran dan fungsinya adalah menyaring kotoran padat berupa kotoran ikan padat, sisa pakan, partikel lain yang masuk kolam koi. Media filter dapat berupa sikat (brush), screen (saringan), japmat atau sponge (spon)

Urutan Kedua Yaitu Filter Biologis

Peran dan fungsinya adalah mengurai kotoran lembut dari hasil filtrasi pertama berupa zat amoniak yang berasal dari kotoran ikan dan sisa pakan yang mengandung zat berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan menjadi nitrat yang tidak berbahaya dan bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman air juga. Media filter dapat berupa bioball, bioring, susunan japmat, batu apung, lavarock, dan lainnya yang memiliki bidang permukaan luas sebagai tempat hidup bakteri nitrosomonas dan nitrobacter yang berperan dalam proses penguraian kotoran ikan koi.

Urutan Ketiga Yaitu Filter Kimiawi

Peran dan fungsinya adalah menyaring kotoran dan partikel yang tidak bisa disaring secara mekanis dan biologis dari filtrasi sebelumnya. Media filter dapat berupa batu zeolith yang dapat mengikat nitrit yang masih tersisa, karbon aktif yang dapat menyerap bau atau warna coklat dari air, kulit kerang (oyster) atau karang jahe yang dapat berperan sebagai PH buffer kolam.

Urutan Keempat Yaitu Filter Khusus

Peran dan fungsinya adalah untuk menyaring zat dan senyawa tertentu yang berbahaya agar tidak sampai masuk ke kolam utama dan sekaligus mengkondisikan situasi tertentu agar kolam terjaga air dan kesehatannya. Contohnya media filter nya adalah lampu UV (ultraviolet) yang dapat digunakan untuk membunuh alga dan jentik nyamuk sehingga pada akhirnya dapat menjernihkan dan sterilisasi air agar tidak hijau dan kecoklatan.

Semua media filter diatas ditaruh di dalam skat kotak yang lebih kecil dari kolam atau orang sering menyebutnya sebagai Kotak Chamber. Skat antar chamber sebaiknya menggunakan model overflow dari keramik atau granit dengan susunan naik turun, ingat jangan sekali kali memakai bahan dari acrylic karena tidak sanggup menahan beban air dari bottom drain. Sebaikanya tidak memakai dinding skat antar chamber karena akan memakan ruang chamber sehingga mengurangi kapasitas media chamber. Chamber seharusnya disusun dalam satu arah aliran air dari air terjuan (waterfall) atau airlift sampai pada bottom drain ke chamber. Untuk luas dan kebutuhan dimensi chamber filter kolam sebaiknya menggunakan pedoman rule of third yaitu minimal 30 % dari volume keseluruhan kolam koi dan minimal 50 % dari total volume chamber filter adalah chamber dengan media filter biologis, prinsipnya semakin besar volume chamber filter semakin baik, dan semakin menghasilkan air kolam yang bersih dan sehat. Dari berbagai alternative media filter diatas filter biologis lah yang mempunyai peran terpenting, keberhasilan sistem filtrasi kolam koi ditentukan oleh efektivitas filter biologis, sehingga disarankan dimensi filter biologis harus memiliki volume chamber lebih besar dari chamber filter mekanis, kimiawi, dan khusus.

Oiya saya sudah membuat video Urutan Media Filter dan Fungsi Media Filter chamber di Youtube Channel KiGoi, cek ke TKP dengan klik icon berikut ini ya, dijamin GRATIS TIS


Atau teman-teman bisa kontak saya langsung jika ada hal hal yang ingin di diskusikan silakan hubungi saya (Kontak via Whatsapp (klik disini) nanti klik salah satu pilihan)

semoga bermanfaat
enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada kopi

Post a Comment for "Murah Meriah, Ini Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Koi"

Berlangganan via Email