Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Percaya atau tidak percaya? Inilah Fakta Feng Shui Ikan Koi!


Percaya atau tidak percaya? Inilah Fakta Feng Shui Ikan Koi!

Suatu ketika saya pernah lihat televisi, ada orang yang mendapatkan hadiah undian dari suatu pengundian, kemudian dia menyinggung kalau karena keberuntungan dan salah satunya karena memelihara ikan koi di rumah nya. Teman teman adakah yang mempercayai fengshui ikan koi? Yuk kemari yuk hehe kita bahas bersama.

Feng Shui Vs Yin Yang

Fengshui atau Fengsui merupakan ilmu topografi kuno dari Cina atau Tiongkok yang mempelajari astronomi dengan mengaitkan bagaimana kehidupan manusia saat ini dan kehidupan surga kelak, serta mempelajari ilmu geografi yaitu tentang bumi sebagai tempat hidup manusia dalam harmoni. Nah untuk membantu memperbaiki kehidupan manusia di bumi menuju keharmonian yaitu dengan menerima Qi positif. Qi ini ada di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Qi ini dialirkan oleh angin (Yang) dan berhenti ketika bertemu dengan air (Yin). Sehingga belajar tentang feng shui sendiri tidak terlepas dari belajar tentang Yin dan Yang. Yin dan Yang dikenal sebagai kekuatan atau energi tertentu. Yin dapat ditandai sesuatu yang berhubungan dengan air, bumi, bulan, feminitas, malam hari (gelap/hitam), sesuatu yang bersifat lambat, lembut, menghasilkan, menyebar, dingin, basah, dan pasif. Sedangkan Yang ditandai sesuatu yang berhubungan dengan api, langit, matahari, maskulinitas, siang hari (terang/putih), sesuatu yang cepat, keras, padat, fokus, panas, kering, dan agresif.

Feng shui sering digunakan sebagai salah satu patokan dalam proses menentukan sesuatu pandangan atau ramalan tentang baik dan buruknya sesuatu. Tujuannya adalah untuk memastikan sesuatu itu dipenuhi dengan Qi yang baik. Faktor faktor yang mempengaruhi Qi adalah lokasi dan sumbu waktu. Qi atau chi berarti sebuah kekuatan alam yang bersifat positif dan negatif dan memerankan peran penting atas kualitas feng shui pada suatu tempat. Menurut konsep feng shui, Qi mengacu pada kekuatan dan energi yang hidup. Sedangkan menurut penjelasan konsep feng shui tradisional, Qi mencakup orientasi struktur, usia, dan lingkungan, termasuk kemiringan, vegetasi, dan kualitas tanah. Qi baik dipercaya sebagai pembawa rezeki dan nasib baik bagi seseorang. Sedangkan Qi buruk yang disebut Sha Qi dipercaya sebagai pembawa nasib buruk bagi seseorang.

Supranatural Yang Beredar

Berbicara mengenai fengsui atau yin yang, mau tidak mau kita membahas hal hal yang bersifat mistis atau supranatural, nah diantara hal hal tersebut yang tergambar dalam energi dan kekuatan positif dan negatif yang sudah menjadi bahasan umum di kalangan Kois dan khalayak ramai adalah sebagai berikut:


  • rumah tusuk sate atau berada di ujung pertigaan huruf T memiliki fengshui yang jelek
  • rumah menghadap ke barat akan mendatangkan suasana yang panas dalam kehidupan berumah tangga, sebaliknya rumah yang menghadap ke timur akan mendatangkan suasana yang sejuk dalam kehidupan berumah tangga pemilik rumah
  • kolam ikan koi adalah tempat menampung rezeki
  • kolam ikan koi depan rumah dan sisi depan kiri akan mendatangkan kebaikan dan kemakmuran buat penghuni rumah
  • kolam di sebelah kanan rumah bisa membuat kehidupan pasangan suami istri kurang harmonis
  • arah putaran arus air kolam ikan koi harus searah dengan putaran mata angin atau searah jarum jam, arah putaran arus kolam yang dibelakang rumah jangan sampai pas pintu masuk rumah karena rezeki akan terbuang melalui pintu itu
  • untuk menyelaraskan kehidupan rumah tangga yang sering menggunakan api (untuk masak) maka kita menggunakan air untuk mandi (terus apa hubungannya dengan koi?)
  • orang ber-shio naga api tidak baik memelihara ikan koi
  • jumlah ikan koi yang dipelihara harus berjumlah ganjil untuk dapat mendatangkan fengshui yang baik, disarankan berjumlah 9 atau 13
  • dalam satu kolam, harus ada ikan tiga warna yang dipelihara yang dipercaya dapat mendatangkan kebaikan bagi pemilik kolam ikan koi, atau ada ikan berwarna kuning (kigoi, karasi, ogon) yang dipelihara yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi bagi pemilik kolam ikan koi
  • volume kolam air kolam atau ukuran kolam harus pas dan serasi dengan ukuran rumah untuk dapat mendatangkan kebaikan bagi pemilik rumah
  • air kolam harus dalam kondisi bening, jika kondisi kotor dan keruh akan mendatangkan keburukan bagi pemilik kolam


Feng Shui Vs Kolam Ikan Koi

Bahkan konon kabar nya, sampai penempatan kolam yang tepat di bagian rumah kita pun akan mempengaruhi fengshui rumah keseluruhan. Karena titik penempatan kolam itulah yang dipercaya sebagian orang yang akan mendatangkan kemakmuran bagi pemilik rumah. Kolam dalam konteks ini bisa juga dalam artian volume air yang pas untuk ukuran rumah kita, tentunya volume yang pas, tidak kebanyakan dan tidak terlalu sedikit, kalau banyak dikira ada danau di dalam rumah, kalau terlalu sedikit juga disebut ada kobokan di dalam rumah, #eh

Volume air yang pas lah yang akan membawa dampak yang baik kepada penghuni rumah, sebaliknya jika volume air terlalu banyak akan memberi pengaruh kurang baik terhadap kesehatan penghuni rumah misalnya kotoran ikan yang menumpuk dan jarang backwash akan mendatangkan banyak serangga, lalat, nyamuk bahkan sampai kecoa dan cacing pun demen maen ke rumah.

Air identik dengan bagian dari energi “Yin"
Angin identik dengan bagian dari energy “Yang”

Ketika kita kaitkan dengan air dan angina terhadap kolam, maka kita dapatkan satu siklus kehidupan ikan koi di dalam kolam buatan manusia ini, dimana ada air tentunya, kemudian ditambah dengan adanya fungsi aerator dan waterfall atau airlift yang membawa angin masuk ke dalam kolam untuk menghasilkan oksigen terlarut dalam air untuk kehidupan ikan koi sehingga tercipta satu harmoni yang utuh dalam satu ekosistem kolam koi.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah teman teman boleh saja tidak percaya fengshui karena tidak sesuai dengan keimanan dan keyakinan beragama yang sudah dianut, tapi teman teman juga boleh percaya fengshui karena fengshui jika diterapkan dalam kehidupan akan mendatangkan kebaikan. Atau teman teman bisa ambil jalan tengah yaitu teman teman tetap pada keyakinan dan keimanan pada agama yang sudah dianut sekarang ini, hanya saja dalam menentukan keputusan sesuatu dengan mempertimbangkan aspek energi dan kekuatan yang ada pada konsep fengshui selama tidak melanggar aturan agama yang sudah dianut. Contoh nya saja seperti yang sudah saya coretkan diatas, agama tidak melarang kita membeli rumah yang menghadap ke arah timur, sedangkan secara fengshui rumah menghadap ke arah timur baik karena bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang kaya dengan vitamin D, selain itu juga menghindari adanya sinar matahari siang sampai sore yang merusak elemen rumah sehingga pada saat siang dan sore rumah tersebut sudah membelakangi sinar matahari dan terhindar lah dari penyusutan manfaat peralatan rumah yang terkena sinar matahari langsung.
Atau kita pakai logika dokter yang mengobati orang sakit, ketika dokter tersebut berhasil mengobati orang sakit dengan perantara obat, kebanyakan orang bilang karena dokter nya yang top markotop yang menyembuhkan penyakitnya, sedangkan kita lupa ada perantara obat yang mujarab, jadi kembali lagi pada logika dan cara pandang masing masing.

Pengalaman dan ilmu yang saya punyai sudah saya share gratis di blog ini juga ya diantaranya:
- Cara mudah memahami peran dan fungsi filter pada kolam ikan koi bisa dibaca dengan klik disini
- Desain kolam yang benar sesuai dengan jalur filtrasi yang aman saya bisa dibaca dengan klik disini
- Rincian Anggaran Biaya (RAB) pembuatan kolam koi minimalis dan sederhana klik disini


Atau jika teman teman punya cerita lain tentang fengsui atau yin yang bisa share di kolom komentar.

semoga bermanfaat
enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada kopi

Post a Comment for "Percaya atau tidak percaya? Inilah Fakta Feng Shui Ikan Koi!"

Berlangganan via Email