Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Please Support Us

Mengenal Perbedaan Penggunaan Pellet: Kois Wajib Tahu


Mengenal Perbedaan Penggunaan Pellet: Kois Wajib Tahu

Perbandingan Penggunaan Pellet Ikan Koi (User Experience)

Saya yakin se yakin-yakin nya kalau teman-teman nyobain beberapa jenis pakai ikan koi, cukup mustahil jika dari pertama pelihara ikan koi sampai sekarang hanya menggunakan satu jenis pakan ikan koi. Percobaan itu bisa karena:


  • Harganya: mahal atau murah
  • Jenisnya: floating atau sinking
  • Fungsinya: Wheat germ, high growth, color enhancer,
  • Kandungan protein nya
  • Kandungan fiber nya
  • Kandungan antibiotic nya
  • Kandungan vitamin nya
  • Efek bikin keruh air tidak nya
  • Efek ngejar strong warna tertentu (beni, sumi, shiroji-jika tidak tahu artinya klik disini)
  • Efek bikin dropsy tidak nya
  • Efek kotoran gumpal, cair, sedikit kotoran
  • Efek pellet mudah terurai di air atau tidak


Bahkan sampai rasa penasaran yang ingin mencoba semua jenis pakan atau pellet yang tersedia di pasar. Bahkan ada yang sampai membeli pellet booster untuk dapat merasakan beda nya. Bagi yang tidak ingin membeli pellet booster, teman teman bisa membuat pellet booster sendiri yang bahannya ada di sekitar kita, saya sudah share ramuan ajaib nya dan bisa dibaca dengan klik disini.

Nah setelah trying and trying itu, pasti muncul pada satu kesimpulan tentang pakan apa yang cocok untuk ikan koi kesayangan kita, dan ini dari beberapa pertimbangan diatas, sehingga diambil keputusan overall dan menjadi tradisi pemberian pakan. Nah berikut ini saya share pengalaman saya menggunakan beberapa jenis pakan/pellet ikan koi yang produk nya dijual di Indonesia, saya urutkan berdasarkan yang terbaik menurut saya (user experience):

1. Hiro Koi Food
Tersedia high growth dan color Expert, product CP prima hanya tersedia Size M (5mm) dan Floating (Terapung) 1 kemasan isi 1kg, pas ada promo ada tambahan 100gram Bahan-bahan : Protein lumayan tinggi yaitu 42%, Fish Meal; dan Soybean Meal; dan Wheat flour; dan Corn; dan Squid Meal; dan Krill Meal; dan Fish Oil; dan Corn Gluten Meal; dan Spirulina; Vitamins dan Minerals

2. Hi Silk Koi Food
Hi Silk 21 makanan koi dengan protein berkualitas tinggi. His silk dikembangkan untuk membantu koi anda tumbuh lebih cepat, dan menghasilkan kilau warna yang indah, terutama warna putih pada nishikigoi. Type: floating. Isi 5 kg. Tersedia size M & L Kelebihan: * Pertumbuhan ikan yang lebih cepat dan sehat karena nutrisi seimbang. * Mengandung ulat sutra (pakan alami) yang merupakan protein berkualitas baik, ditambah vitamin dan mineral lainnya. * Warna putih berkilau dan natural pada ikan koi * Dikemas dengan film aluminium-vaporization dan disegel vacum. Komposisi pakan Hi silk 21: White fish meal, silkworm chrysalis meal, wheat flour, soybean meal, rice bran , wheat germ meal brewers dried yeast, silk powder, calcium carbonate, calcium phosphate, vitamin A, vitamin C, vitamin E, the others, 10 kinds of vitamins. 11 kinds of minerals. Hi Silk 21 tersusun dari: Crude Protein: 43.8%; Crude Fat: 8.9%; Crude Fiber: 1.9%; Moisture: 6.3%; Ash: 7.6%.

3. Ume Koi Food
hanya tersedia dalam 1 ukuran M (5mm) dan pelet floating (terapung)
diambil dari formula racikan breeder koi jepang
satu pelet all in one dengan protein tinggi (40%)
1 kemasan isi 2kg
Merupakan produk dari Feikoi Gunung Sindur

4. LC Koi Food
Tersedia LC Koi color, deluxe, all in one, premium growth, dan complete color. Ukuran tersedia dalam Medium (M), Large (L), Tersedia packing 2kg dan 5kg Pakan berkualitas berbahan baku organik. Diciptakan dengan kandungan nutrisi protein tinggi. Bermanfaat mengoptimalkan bentuk badan dalam waktu relatif singkat, serta menjaga kecemerlangan kualitas kulit. Mengandung tambahan aditif untuk menjaga warna ikan agar senantiasa optimal, seimbang dengan pertumbuhan.

5. Mizuho Koi Food
Mizuho Hi growth adalah pakan koi untuk pertumbuhan . Pakan ini dibuat dengan formula yang mudah dicerna untuk pertumbuhan yang baik. Pakan ini diproduksi oleh salah satu nama yang sangat dihormati di dunia pembudidayaan ikan yaitu Marubeni Nisshin. Beberapa fitur yang terdapat di mizuho koi food: - protein tinggi untuk pertumbuhan. - fish meal dan bahan-bahan lain yang berkualitas tinggi - harga yang terjangkau Hasil pemakaian pakan mizuho HG: - mizuho membuat koi sehat dengan pertumbuhan dan warna yang terbaik. - pakan tidak mempengaruhi air. air kolam tetap jernih . - oleh karena mizuho HG memiliki nutrisi tinggi dan mudah dicerna, kamu bisa memberikan pakan lebih sedikit maka kotoran ikan di kolam pun juga sedikit. Mizuho dikemas secara fresh dengan kantong foil tervacuum untuk menjamin kesegaran dan kualitas yang maksimal. Guaranteed Analysis Crude Protein (min) 44.0% Crude Fat (min) 6.0% Crude Fiber (max) 2.0% Crude Ash (max) 17.0% Phosphorus (min) 1.7% Made in Japan. Isi 2 kg. tipe: floating (mengapung). Tersedia size S, M, L

6. Saki Hikari Koi Food
Saki Hikari Growth mengandung "Hikari Germ" yang merupakan mikroorgamismepositifyang hidup(probiotik).Hikari Germmemberikan manfaat yang luar biasa bagi ikan Koi. Membantu penyerapan makanan pada tubuh ikan Koi secara efisien sehingga dapat membantu menjaga kualitas air dan meringankan kerja dari sistem penyaringan (filtrasi) Campuran yang tepat dari lipid dan komponen gizi lain nya yang diperlukan bagi pertambahan berat dan bentuk badan ikan Koi dengan cepat dan bebas dari timbunan lemak di tubuh ikan. Saki Hikari Growth membentuk tubuh ikan Koi juara yang akan menarik perhatian para Juri. Merupakan pellet terapung dengan ukuran S dan M Type: floating (apung) Fungsi : 1. Mempercepat pertumbuhan koi. 2. Terdapat probiotic untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Komposisi Saki Hikari Koi Food yaitu Crude Protein Min. 40% Crude Fat Min. 9% Crude Fiber Max. 2.0% Moisture Max. 10% Ash Max. 17% Phosphorus Min. 1.7%

7. San Koi Spriluna
Untuk ikan koi ukuran 5-15 cm
Tersedia dalam:
Warna : Green
Pellet : 5mm (Medium)
Kemasan : 1kg
Keunggulan:
Mengandung nutrisi lengkap dan seimbang untuk menjaga kesehatan ikan
Diperkaya spirulina
Terbuat dari bahan alami pilihan, tanpa pewarna buatan
Tidak mengeruhkan air kolam.
Bahan-Bahan:
Fish meal, spirulina, wheat glutten meal, soybean meal, wheat flour, vitamins and minerals.
Komposisi:
Protein (min.37%); Lemak (min.4%); Serat (max.3%); Abu (max.12%); Kadar Air (max.12%)

8. CP koi food
Hanya tersedia super growth product CP prima Tipe: mengapung (floating) Kandungan Nutrisi : - Protein : 35% - Lemak : 3% - Serat : 5% - Abu : 13% - Kadar Air : 12% Bahan - bahan : - Fish meal , shrimp meal , krill meal , soybean meal , wheat flour , wheat germ , vitamins , minerals , color enchancer. Tersedia ukuran pelet : - S (2mm) - M (5mm) Isi 1 kg

9. Akari Super-Red
Pakan Koi & Koki Pelet Apung Akari Super-Red
Ukuran 2 mm
Packages dalam Toples dengan berat 1,25Kg
Komposisi Nutrisi:
Protein............ 35 - 37%
Fat.................. 4 - 5 %
Fibre............... 4 - 5 %
Ash................. 5 - 8 %
Moisture.......... 10 - 12%
Bahan-bahan: Fish meal, Shrimp meal, Soyabean meal, Wheat flour, Vitamin A, C, D3, E, K, B2, B6, B12, Niasin, Kalsium D, Choline, Chloride, Panthethonate, Mineral, Antioxidants dan Pigment enhancer.
Pakan ini mengandung bahan pewarna alami berasal dari unsur tepung udang yang bisa membuat semua warna ikan menjadi cemerlang.
Tambahan beberapa macam pigment (eg. astaxanthin, etc.) membuat warna ikan cepat bertambah merah, putih, hitam, biru dan kuning.

Sekali lagi, pertimbangan diatas adalah berdasarkan pengalaman saya (user experience), bisa jadi teman-teman menyatakan lain itu sah-sah saja, jika ingin sharing, silakan posting di komentar, terima kasih.

semoga bermanfaat
enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada kopi

7 comments for "Mengenal Perbedaan Penggunaan Pellet: Kois Wajib Tahu"

  1. om kalo untuk yang ke warna, merah, putih, dan untuk koi polosan itu di rentang harga maksimal 100rb/kg yang mana ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai Hiro Koi Food om
      kalau mau hasil maksimal, sebaiknya dipisah om polosan dan non polosan, kalau gen nya jelek, ikan yg polosan bisa bocor warna
      terima kasih

      Delete
  2. om untuk koi 10-15 jenis 1 warna (chagoi,karasi) baiknya pakai pakan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. push pakan growth aja om, bisa pakai hiro kalau pakan lokal, terima kasih

      Delete
  3. Om mw nanyak KL . LC Koi Food buat koii smua warna bagus GK om

    ReplyDelete
  4. https://www.tokopedia.com/rajakoitangerang/pelet-ikan-koi-ultimate-3-in-1-colour-growth-antibody-terbukti

    ReplyDelete
  5. PELET IKAN KOI RKT SUPER GROWTH / SUPER BULKY - TERBUKTI !!!
    SUDAH DIUJI COBA DI LEBIH DARI 50 KOLAM PENGHOBI (SEJABOTADEBEK)

    KANDUNGAN PELET KOI RKT SUPER GROWTH / SUPER BULKY /BAKAT PUNUK
    1. Kandungan Protein Minimal 54%
    2. Kandungan Lemak Minimal 12%
    3. Kandungan Energy 20 MJ/Kg (Standar 1 MJ = 238.8459 Kcal)
    4. Serat Kasar Maksimal 2%
    5. Abu Maksimal 15%
    6. Kadar Air Maksimal 12%
    7. Boster Multi Vitamin Lengkap & Tepat (A, B, C, D, E)
    8. Boster Amino

    SPESIFIKASI PELET
    1. Size 5MM/Medium (Bisa Dimakan Koi Size 12cm)
    2. Bentuk Bulat & Floating
    3. Warna Keabuan Gelap
    4. Tidak Membuat Air Keruh
    5. Packing dalam Plastik Ukuran 1-2Kg/Dus Kecil

    Cara Pemakaian
    Setiap hari hanya 2-5 % dari berat Ikan Koi (2-3 X Sehari)

    HASIL PERBANDINGAN RISET RKT DENGAN PAKAN GROW IMPORT JEPANG
    1. Pertumbuhan Ikan 1.5 s/d 2x lebih cepat dari Pakan Grow Import

    Belanja Online
    https://www.tokopedia.com/rajakoitangerang/pelet-ikan-koi-rkt-super-growth-super-bulky-terbukti

    https://shopee.co.id/product/195690314/21438727138/

    ReplyDelete