Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Ini Dia Cara Mudah Bikin Jamu Suplemen Pellet Booster Koi Food Dari Bahan Yang Ada Di Sekitar Kita


Ini Dia Cara Mudah Bikin Jamu Suplemen Pellet Booster Koi Food Dari Bahan Yang Ada Di Sekitar Kita

Cara gampang membuat jamu atau suplemen atau pellet booster koi food dari bahan di sekitar kita berdasarkan pengalaman pribadi (user experience)
Teman-teman pasti bertanya-tanya, atau setidaknya pernah mendengar ucapan seperti ini:

Pellet booster itu ngefek gak sih ke nafsu makan ikan koi?
Pellet jamu itu sama dengan pellet biasa gak sih?
Apa sih untungnya kita ngasih bawang putih ke ikan koi?
Kenapa banyak orang ngasih yakult ke dalam kolam ikan koi atau ke chamber filter nya?
Mengapa banyak orang mencoba memberikan buah (terutama yang mengandung vitamin C seperti semangka dll) ke ikan koi?

Wait wait, dalam konteks ini kita harus buka cara pandang kita, dan gunakan cara pandang dengan memakai asumsi koi adalah makhluk hidup sama seperti manusia, nah manusia itu kalau makan nya lahap, makan nya enak, makan nya sikat abis alias doyan makan, kemungkinan besar dia tahan banting dan jarang terkena penyakit, iya karena kondisi tubuh dia selalu fit sehingga kalau ada bibit penyakit yang nempel, langsung disikat sama antibody yang ada di tubuh kita saat kita dalam kondisi fit. Bukan begitu bukan Bosku?

Jadi hubungannya begini teman teman:

Pellet booster –> nafsu makan –> kondisi fit –> tahan banting –> sikat abis penyakit

Tanpa berpanjang lebar lagi, saya share berdasarkan pengalaman untuk membuat pellet booster sebagai jamu atau suplemen pellet ikan koi yang bahannya bisa kita dapatkan dari sekitar kita.

Berbagai macam bahan untuk pembuatan jamu suplemen pellet booster dapat teman teman temukan di toko toko ikan hias terdekat. Beberapa bahan tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau seperti bawang putih, yakult atau YouC1000. Namun, ada jenis bahan yang dijual dengan tidak di sembarang tempat seperti minyak ikan yang bisa di beli di apotek. Jika teman teman ingin menghemat pengeluaran dan pergerakan, tentu saja teman teman bisa membeli di tempat di sekitar rumah teman teman dengan harga yang murah meriah.

Pembuatan jamu suplemen pellet booster untuk menaikkan nafsu makan ikan koi cukup mudah. Teman teman hanya perlu mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Perhatikan cara berikut ini untuk membuat jamu suplemen pellet booster.

Persiapan alat

Pertama, teman teman perlu mempersiapkan alat yang akan digunakan untuk pembuatan jamu suplemen pellet booster. Alat yang digunakan antara lain botol air mineral dengan takaran 250ml atau gelas plastic dengan takaran 250ml, ember atau mangkok plastic ukuran 1000ml, alat pengocok (seperti alat pengocok adonan kue) atau bisa pakai sendok teh.

Persiapan Bahan (untuk standar 5 kg pakan):


  • bawang putih 10 siung
  • vitamin C (bisa pakai YouC1000) 4 botol kecil yang 140ml (bukan yang gede)
  • Yakult 2 botol dan hanya 1 ukuran (mengandung kultur bakteri asam laktat dan sekaligus untuk bakteri starter yang terlarut bersama pellet)
  • minyak ikan 4 pcs atau 4 kapsul (kaya akan asam lemak omega 3)
  • 1 gelas air mineral 250ml (setara aqua gelas)


Cara Membuat:


  • Setelah mempersiapkan alat dan bahan, berikut ini adalah langkah untuk membuat jamu suplemen pellet booster:
  • campur 1 gelas air mineral 250ml dengan YouC1000, Yakult, dan minyak ikan kemudian aduk hingga benar-benar yakin rata tercampur maksimal
  • kupas bawang putih sampai kulit nya terbuang habis, dan iris hingga menjadi minimal 3 bagian per siung nya
  • kemudian campur air mineral, youc1000, yakult, minyak ikan, yang sudah tercampur tadi dengan kupasan bawang putih
  • kemudian blender hasil campuran diatas sampai benar-benar halus seperti jus alpukat
  • jika sudah halus dan kental, angkat ramuan dan taruh di tempat tertentu, silakan campur ramuan yang sudah jadi itu dengan 5 kg pakan (all variant, merk, type)

  • ingat saat mencampurnya, pastikan semua bagian pakan terolesi ramuan dengan sempurna, jika tidak sempurna, teman-teman bisa menambahkan bahan diatas menjadi lebih banyak, dengan catatan jangan menambah air mineral terlalu banyak, setiap tambahan dosis air mineral, harus ditambah dengan kenaikan dosis YouC1000 dan Yakult serta minyak ikan.


  • terus jemur pakan yang sudah dicampur ramuan sampe kering


dan tarrraaaaaaaaaa, pakan ikan koi super ala KiGoi siap membuat ikan koi tahan banting dan tidak mudah sakit

tapi saya tidak punya blender, gimana mas? Tenang saja, jika tidak ada blender bisa di ulek saja, yang penting proses dan bahan nya tidak ada yang terlewatkan.

Penyimpanan Jamu Suplemen Pellet Booster

Jika teman teman membuat jamu suplemen pellet booster dalam jumlah yang banyak, bisa dijual lagi, atau untuk stock sendiri dalam waktu pemakaian yang lama, teman teman bisa perhatikan hal hal berikut ini. Untuk menjaga pertumbuhan bakteri starter (bakteri baik), pastikan teman teman menyimpan jamu suplemen pellet booster tersebut di tempat yang tidak terkena cahaya materi langsung atau air hujan langsung namun di tempat yang kering, atau malah bagus nya di dalam kulkas. Hal ini dengan tujuan bakteri starter (bakteri baik) yang sudah ada dalam jamu suplemen pellet booster tersebut tetap hidup. Apabila teman teman ingin membuat media penyimpanan menggunakan bahan yang ada di sekitar kita, berikut adalah cara yang perlu teman teman lakukan:

Persiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat media penyimpanan jamu suplemen pellet booster adalah botol kemasan air minum mineral. Sedangkan media menyimpan jamu suplemen pellet booster yang sudah dikemas di dalam botol kemasan air minum bisa menggunakan box container atau sejenisnya.
Cara Membuat

Tuangkan hasil ramuan jamu suplemen pellet booster yang sudah jadi di dalam botol kemasan air mineral. Simpan botol kemasan isi jamu suplemen pellet booster tersebut ke dalam box container yang berisi air, sebaiknya jika terdapat es batu, kasih es batu di sekitar botol kemasan. Atau jika tidak es batu, simpan box container di tempat yang lembab atau dekat dengan sumber air, misalnya kamar mandi atau kolam ikan koi sekalian.

Tindakan Preventif (Pencegahan)

saya yakin ramuan diatas bisa membuat ikan koi kesayangan kita tahan banting dan tidak mudah sakit karena perubahan cuaca atau adaptasi lagi dengan adanya ikan baru masuk kolam atau baru dilakukan treatment, apalagi kalau kolam kita adalah kolam outdoor yang harus sering-sering kita lakukan tindakan preventif, baik saat ada gejala kurang beres maupun tidak ada gejala kurang beres.

Yang harus kita ingat adalah kalau ada 1 ikan koi yang sakit, kemungkinan besar akan menular 1 kolam, sehingga kita harus tangani sedari dini sebelum semuanya terlambat. Jika ingin tahu tentang treatment apa saja yang harus dilakukan pada saat cuaca ekstrim atau pancaroba bisa klik disini.

Jadi kesimpulannya, apapun jenis dan merk pakan nya, jamu, suplemen, pellet booster adalah pilihan terbaik nya, demi ikan koi yang tahan banting dan tidak mudah sakit.

semoga bermanfaat
enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada kopi

1 comment for "Ini Dia Cara Mudah Bikin Jamu Suplemen Pellet Booster Koi Food Dari Bahan Yang Ada Di Sekitar Kita"

Berlangganan via Email