Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Begini Cara Mengusir Jentik Nyamuk Di Chamber Filter Kolam Koi


Begini Caranya Mengusir Jentik Nyamuk Di Chamber Filter Kolam Koi

Teman-teman banyak yang nanya, bagaimana sih caranya mengatasi banyaknya jentik nyamuk, bahkan sudah menjadi nyamuk di chamber filter kolam koi?
Terkadang was-was juga ya, terlebih lagi untuk kolam indoor, jangan-jangan nanti nyamuk nya masuk ke rumah, jangan-jangan nyamuk aidesaigepti, eh nyamuk demam berdarah maksudnya.
Nah untuk itu, saya sharing beberapa tips untuk menghilangkan jentik dan nyamuk nya itu sendiri ya gaes, simak berikut ini:

  1. Pakailah model aerasi berupa gelembung oksigen untuk setiap chamber, kecuali chamber vortex dan chamber pompa tentunya, hal agar air di dalam  chamber filter terus mengalir dan tidak diam, air yang diam rawan sebagai tempat berkembang biak nya nyamuk dan hewan lain, sehingga nyamuk tidak akan betah dan airpun akan semakin sehat karena banyak mengandung oksigen, selain itu juga untuk kehidupan bakteri baik yang ada di chamber filter biologis.
  2. Peliharalah ikan kecil yang tahan banting dan murah meriah saja, biar tidak nguras isi dompet, tidak harus ikan jenis predator, yang penting dia kuat dan bisa nyelip-nyelip diantara media filter, contohnya: ikan cupang yang murmer aja bukan yang kelas kontes, ikan komet, ikan mujair, ikan nila, ikan sepat, ikan sumatera, atau ikan kaviat, sehingga bisa terjadi hubungan yang saling menguntungkan pada chamber dan kolam utama karena ikan yang ada di chamber akan memakan kutu jika ada kutu.
  3. Tanamlah tanaman alami yang tidak disukai oleh nyamuk yang ditanam di sekitar kolam terutama di dekat chamber filter, beberapa contoh tanaman tersebut adalah serai, lavender, zodiak, rumput mozzie, bunga rosemary, dan lain-lain.
  4. Pasanglah Lampu Ultraviolet pada chamber terakhir, biasanya chamber khusus pompa atau backwash, dan lampu tambahan berupa lampu Ultraviolet khusus ruangan dan letakkanlah di sekitar kolam utama atau chamber dengan tempat yang presisi tidak terkena hujan dan tidak terkena panas sinar matahari, atau bisa bongkar pasang juga.
  5. Jika semua langkah diatas tidak ngefek juga, ambil jalan terakhir ini dengan menggunakan obat anti nyamuk, salah satunya abate, untuk pemakaiannya sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan nya ya gaes, kemudian masukkan abate tersebut ke dalam tempat kecil yang berpori, misalnya sarung tangan kain, kaos kaki kain, atau manset kain, kemudian letakkan bungkusan tersebut di dalam Chamber. Untuk pemeliharaan, teman-teman harus cek abate apakah masih berfungsi atau tidak dengan cara memijat bungkusan tersebut, apakah masih keluar warna dan bau khas obat abate apa tidak.


Oiya saya sudah membuat video cara mengatasi jentik nyamuk di chamber filter dan kolam koi di Youtube Channel KiGoi, cek ke TKP dengan klik icon berikut ini ya, dijamin GRATIS TIS



Semoga bermanfaat,

enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,

KiGoi: ada koi, ada kopi

Post a Comment for "Begini Cara Mengusir Jentik Nyamuk Di Chamber Filter Kolam Koi"

Berlangganan via Email