Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Istilah Penting dan Komposisi Kolam Koi


Istilah Penting dan Komposisi Kolam Koi dan Filter Kolam Koi dengan hasil Air Jernih | Pemula Harus Tahu!

Yang perlu digarisbawahi adalah jangan sampai ketinggalan salah satu fungsi dari peran ekosistem alam yang dibawa ke dalam kolam beton buatan manusia.
Biar tidak ketinggalan informasi penting ini, simak penjelasan dan video (link dibawah) sampai habis.

Teman teman, saya sharing sedikit ya tentang istilah-istilah yang ada di sekitar kolam koi, secara garis besar sebagai berikut:


  • Filter adalah nyawa dari suatu kehidupan kolam koi yang mendukung untuk tumbuk dan berkembang nya ikan koi kesayangan kita. Semahal berapapun harga pembuatan kolam koi, jika sistem filtrasi nya tidak diatur sedemikian rupa sesuai dengan kaidah proses alam yang baik dan benar, tidak akan bisa menjadi tumbuh dan berkembang nya ikan koi yang berkualitas atau malah sebaliknya ikan koi yang sudah kita beli dengan kualitas bagus akan menjadi turun kualitas nya karena kualitas filter yang tidak bekerja secara maksimal sehingga akan menghasilkan hasil akhir berupa air kolam yang kotor dan menjadi sarang penyakit, alih alih memelihara ikan koi, yang ada malah memelihara jamur dan kutu
  • Media filter berfungsi sebagai penyaringan kotoran padat/halus, rumah bakteri, pH buffer. Isi media filter ini mencakup fungsi mekanis, biologis, kimiawi, khusus. Untuk kolam saya, chamber 1 berisi brush atau sikat, chamber 2 berisi jaring nelayan, chamber 3 berisi bioball dan crystal bio, chamber 4 berisi oyster shell atau kulit kerang, dan chamber terakhir berupa chamber khusus pompa dan backwash.
  • Pemipaan: harus diatur sedemikian rupa dan secara tepat serta sesuai dengan kebutuhan. Pemipaan ibarat pembuluh arteri di dalam tubuh manusia. Apabila sirkulasi arteri lancar, maka kerja bagian tubuh yang lain akan sehat. Sehingga pemipaan sebagai penentu jalur sirkulasi filtrasi yang benar.
  • Chamber Filter: adalah kotak-kotak filter yang disiapkan dan diatur sedemikian rupa untuk menjadi tempat penyaringan kotoran ikan, rumah bakteri, dan tujuan lain dalam rangka membuat kolam utama menjadi bersih.
  • Sekat antar chamber: adalah sekat yang memisahkan antara chamber yang satu dengan chamber yang lain dengan tujuan untuk memberikan fungsi yang berbeda pada chamber, sekat chamber bisa berupa double wall granit, keramik, acrylic atau tembok permanen dengan pipa. Tidak masalah teman-teman menggunakan sekat antarchamber berupa double wall granit, keramik, acrylic, atau tembok permanen dengan pemberian lubang pipa. Yang terpenting adalah jalur sirkulasi tidak terganggu dan bisa lancar mengalir ke setiap chamber nya.
  • Vortex: artinya pusaran, adalah aliran air yang berputar cepat mengitari pusatnya. Chamber vortex dibuat berbentuk kerucut dan berada pada chamber pertama dari sistem penyaringan yang utama sehingga dapat berfungsi untuk mengendapkan kotoran berat sebelum menuju ke chamber berikutnya.
  • Waterfall: atau air terjun. Fungsi utama dari air terjun ini adalah untuk menghasilkan oksigen terlarut di dalam kolam utama. Yang menjadi perhatian adalah dimana kita harus meletakkan air terjun ini dan pada ketinggian berapa harus diletakkan. Standard normal nya diletakkan di tengah dinding kolam dengan ketinggian maksimal 30cm dari permukaan air kolam. Ingat, jangan terlalu TINGGI!
  • Backwash: adalah pencucian media filter dari jalur belakang. Sesuai namanya back itu belakang, wash itu mencuci. Sehingga backwash dalam konteks ini yaitu membuang kotoran dari pengendapan kotoran yang ada di chamber melalui jalur pemipaan belakang, jadi tidak serta merta mencuci media filter.
  • Dripping: adalah salah satu cara untuk mengganti air (water change) dengan tujuan macam-macam, salah satunya untuk membuang air yang penuh dengan kotoran nitrit/nitrat/daun kecil/buih/busa yang ada di permukaan air untuk bisa keluar dengan sendirinya melalui jalur overflow. Jalur dripping bisa dipakai untuk jalur pengisian utama saat pengisian air kolam pertama kali.
  • Overflow: artinya luapan atau meluap, adalah sistem sirkulasi yang ada pada kolam dimana jalur yang dibuat menjadi jalur pembuangan otomatis pada saat air meluber pada batas lubang overflow tersebut dipasang.
  • Aerasi: aerasi dibagi menjadi 2 bagian, yang pertama aerasi untuk kolam utama dan kedua aerasi untuk chamber media filter. Aerasi kolam utama untuk menjaga konsentrasi oksigen di seluruh kolam utama, untuk populasi ikan yang sangat padat disarankan menggunakan aerasi kolam utama untuk tetap menjaga batas aman oksigen terlarut. Sedangkan aerasi chamber filter untuk menjaga konsentrasi oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh organisme atau bakteri baik yang ada dan tinggal di rumah bakteri yaitu media filter agar tetap bertahan hidup.
  • Aerator: adalah alat untuk menghasilkan gelombang udara dengan menggerakkan air di dalam kedalaman tertentu agar airnya penuh dengan oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh ikan atau organisme lain. Aerator disebut juga sebagai pompa udara.
  • Pompa air: Yang terpenting terkait pompa air adalah antara kapasitas volume air kolam harus MATCH atau sesuai dengan kekuatan pompa air. Tergantung kebutuhan kolam kita, dalam 1 jam, air kolam mau diputar berapa kali atau berapa liter? Standard normal yang baik adalah 3-4 kali putaran per jam nya.
  • Bottom drain: adalah lubang jalur pembuangan yang berada di dasar kolam yang berguna untuk menghisap kotoran yang ada di kolam utama kemudian mengalirkannya ke dalam chamber untuk proses lebih lanjut. Catatan: Luas pipa Bottom Drain (BD) harus menyesuaikan luas kolam, luas chamber, atau kapasitas volume air kolam.
  • Tatakan media filter: ditaruh di bagian lancip atau kerucut chamber bawah, fungsinya untuk menahan beban media filter dan membuat kotoran mengendap di bawah atau dalam arti lain memisahkan kotoran dengan media filter.
  • Skimmer: berfungsi untuk menyedot kotoran yang melayang di permukaan air kolam seperti debu, nitrit, nitrat, daun kecil, busa, buih, dll. Skimmer atau surface skimmer terdapat 2 jenis yaitu floating skimmer (terapung), dan flat skimmer (biasa). Tutup skimmer diperlukan untuk menghindari adanya hewan seperti kodok menetap di skimmer.
  • Airlift: model pompa udara yang dimanfaatkan untuk menyuplai oksigen terlarut ke dalam kolam dengan memanfaatkan kompresi udara pada bagian bawah pipa input airlift yang terendam air.


Link download Desain Kolam Koi Dan filter (klik disini)


Oiya saya sudah membuat video RAB kolam koi di Youtube Channel KiGoi, cek ke TKP dengan klik icon berikut ini ya, dijamin GRATIS TIS


jika ada yang ingin di sharing dari teman teman, silakan posting di komentar ya gaes

semoga bermanfaat

#kigoi #kolamkoi #ikankoi

enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada Kopi

Post a Comment for "Istilah Penting dan Komposisi Kolam Koi"

Berlangganan via Email