Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Filter Kolam Koi dengan Sistem Chamber dan Vortex


Filter Kolam Koi dengan Sistem Chamber dan Vortex

Teman-teman, saya ingin share filter kolam koi saya dengan sistem chamber dan vortex. Di kolam ini terdiri dari empat chamber berisi media filter, satu Chamber Vortex, satu Chamber khusus pompa dan backwash sedangkan Sekat chamber menggunakan granit dengan susunan naik-turun atau tinggi-rendah. Sebelum kita bahas proses pembuatan Chamber dan jalur filtrasi kolam koi ini, terlebih dahulu kita pelajari konsep sketsa gambar desain kolam koi nya dulu ya, kolam ini terdiri dari empat chamber berisi media filter, satu Chamber Vortex, satu chamber khusus pompa dan backwash, Satu Chamber Vortex, Terdiri dari empat chamber berisi media filter, sedangkan Sekat chamber menggunakan granit dengan susunan naik-turun (tinggi-rendah), satu chamber khusus pompa dan backwash.

Proses filtrasi berawal dari aliran air dari Bottom Drain menuju chamber vortex, Bottom Drain menggunakan pipa 4 inch, aliran air ini ditambah dari skimmer yang masuk juga ke Chamber Vortex, semua memakai jalur bawah kemudian air dari bawah naik ke atas dan menuju ke Chamber satu melalui pipa dua inch yang jumlahnya empat, pipa ini berada pada sekat chamber vortex dan chamber satu kemudian air yang sudah berada di chamber satu akan mengalir menuju ke chamber dua melalui bawah Terus ke atas ke chamber dua, nah proses yang sama akan terjadi sampai Chamber keempat hingga chamber terakhir yaitu Chamber pompa dan backwash. bagian bawah Chamber dibuat Lancip ke bawah untuk pengendapan kotoran kemudian, dari bagian yang Lancip itu dikasih tatakan kemudian baru dikasih media filter, Sedangkan tatakan media filter dan urutan media filter akan saya bahas pada link klik disini.

Kedalaman kolam 130 cm, sedangkan kedalaman chamber 150cm, jadi ada selisih 20 cm lebih dalam, bagian bawah kolam dan Chamber Lancip ke bawah jadi tidak datar, jalur bottom drain lurus ke Chamber Vortex, ingat posisi kedalaman Chamber lebih dalam 20 cm dari kolam utama, begitupun juga pipa skimmer masuk ke Chamber vortex, pipa skimmer ini masuk ke chamber vortex pada ukuran 30 cm dari dasar kolam, pipa bawah dari Chamber vortex berada di tengah dan langsung menuju Chamber khusus pompa air dan backwash, sedangkan pipa bawah di setiap Chamber langsung menuju ke Chamber khusus pompa air dan backwash sesuai dengan urutan pada gambar sketsa.

Yang perlu menjadi perhatian adalah bagian ujung Lancip Chamber sesuai dengan lubang ujung pipa Chamber masing-masing, sekat antar Chamber menggunakan granit dengan model naik-turun jadi tingginya tidak sama, sebaiknya sekat sebelum pompa air dan backwash dibuat permanen, bisa langsung ditembok atau dicor hal ini sangat bermanfaat ketika kolam teman-teman bermasalah misalnya saat ada kutu atau jamur jadi media filter tidak terganggu dengan adanya obat yang dipakai.
Pada dinding Chamber terluar langsung ditanam pipa dan kran untuk mencuci media filter dan jalur aerasi untuk media filter ya.

Semua permasalahan koi berawal dari Chamber dan jalur filtrasi, sehingga Chamber dan jalur filtrasi harus dibuat dengan tepat sasaran karena Chamber dan jalur filter adalah merekayasa alam.

Oiya saya sudah membuat video Filter Kolam Koi dengan Sistem Chamber dan Vortex di Youtube Channel KiGoi, cek ke TKP dengan klik icon berikut ini ya, dijamin GRATIS TIS


jika ada yang ingin di sharing dari teman teman, silakan posting di komentar ya gaes

semoga bermanfaat

#kigoi #kolamkoi #ikankoi

enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada Kopi

Post a Comment for "Filter Kolam Koi dengan Sistem Chamber dan Vortex"

Berlangganan via Email