Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Please Support Us

Ikan Koi: Permata Cemerlang di Taman Air


Ikan Koi: Permata Cemerlang di Taman Air

Hewan-hewan tertentu tampaknya memiliki tim hubungan masyarakat yang sangat hebat yang meningkatkan reputasi mereka. Gajah? Seharusnya memiliki bank memori perangkap baja. Anjing? Kita semua tahu bahwa anjing itu sempurna. Tapi ikan koi? Tidak ada yang benar-benar menyambut dengan hangat tentang ikan koi.
Namun, para perenang yang berwarna-warni jelas layak dikagumi - walaupun mereka mungkin bukan sederetan selebritis seperti beberapa spesies lain, mereka punya banyak hal untuk mereka. "Mereka tidak hanya hewan peliharaan, tetapi juga seni," kata Taro Kodama, presiden Kodama Koi Farm. "Mereka disebut perhiasan hidup - seindah satu koi, bahkan lebih indah sebagai kelompok."
"Mereka adalah ikan yang cantik, lembut, jinak yang relatif mudah dipelihara dengan ruang, penyaringan air, dan makanan yang tepat," kata Laura Hilstrom, Aquatics Lead di Departemen Herpetology & Ichthyology di San Diego Zoo. "Koi bisa dengan mudah dilatih untuk makan langsung dari tanganmu. Menyaksikan berenang koi bisa menjadi pengalaman yang memukau sekaligus menenangkan dan penjaga koi dikenal sangat bangga dalam merawat hewan peliharaan air mereka."

Berikut adalah beberapa fakta menyenangkan tentang bintang air yang cantik, tangguh, dan berkelas ini.

1. Mereka Memiliki Sejarah yang Panjang dan Mengesankan
Ikan koi adalah apa yang Anda sebut kecelakaan bahagia. Pada 1600-an, petani ikan mas Jepang mulai memperhatikan variasi warna yang tidak biasa di antara ikan-ikan itu. "Ikan koi yang populer saat ini sebenarnya adalah variasi hias dari ikan gurame peliharaan," kata Hilstrom. "Ikan mas hitam berasal dari Cina dan pertama kali dibiakkan untuk mutasi warna merah (tercatat sekitar 720 C) yang awalnya dikembangkan menjadi banyak varietas ikan mas mewah. Segera setelah itu, variasi warna-warni ikan mas hitam disimpan oleh kaisar dan bangsawan Jepang."
Sementara koi awalnya dibiakkan untuk konsumsi, seperti semua ikan mas lainnya, para petani mulai membiakkan mereka secara eksklusif sebagai hewan peliharaan di tahun 1800-an, berkat penampilan unik mereka yang menakjubkan. Pada 1900-an, petani membiakkan koi di Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa, dan pada 1960-an, koi dianggap sebagai hewan peliharaan yang diidam-idamkan di seluruh dunia. Menurut Kebun Binatang San Diego, orang-orang di enam dari tujuh benua kini memelihara koi sebagai hewan peliharaan.
"Orang Jepang menyebut ikan mas berwarna-warni sebagai nishikigoi, yang berarti 'dikepang atau brokat,' mengacu pada tekstil berwarna-warni di negara itu," jelas Hilstrom. "Varietas nishikigoi ini adalah apa yang sekarang disebut orang Barat sebagai ikan koi. Koi menjadi populer di Jepang pada tahun 1820-an dan kemudian populer di seluruh dunia pada awal 1900-an setelah menjadi bagian dari sebuah pameran di Tokyo, Jepang. Sejak saat itu telah berkembang menjadi ikan hobi populer. Budaya masa kini dengan banyak variasi warna yang lebih cemerlang. "

2. Mereka Makan Apa Pun
Ada banyak alasan koi membuat hewan peliharaan yang hebat, tapi ini salah satunya: Mereka tidak pilih-pilih soal makanan. Ikan omnivora akan mengemil segala sesuatu mulai dari siput dan serangga hingga ganggang dan tanaman - mereka bahkan akan memakan buah. Tetapi jika Anda memelihara koi sebagai hewan peliharaan atau Anda telah melihatnya dipajang, Anda mungkin tahu ada makanan yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Makanan ini juga dirancang untuk mengapung sehingga ikan muncul ke permukaan untuk memberi makan, menyenangkan penonton dalam prosesnya. Dan, pertimbangkan bonus ini untuk pemilik hewan peliharaan jet-setting: “Perenang Cantik” tidak harus makan terlalu sering. "Tidak perlu memberi makan mereka selama berminggu-minggu - mereka makan ganggang di dinding," kata Kodama. "Jadi tidak seperti anjing dan kucing, kamu tidak perlu khawatir tentang mereka saat kamu sedang berlibur."

3. Mereka Datang dalam Banyak Warna
Merah adalah warna tanda tangan koi, tetapi itu bukan satu-satunya warna batu spesies. Sebenarnya ada berbagai jenis koi yang datang dalam semua warna, termasuk oranye, kuning, hitam, putih dan biru. "Ada lebih dari seratus varietas di koi, tetapi mereka semua spesies yang sama," kata Kodama. "Mereka adalah ikan mas, mereka hanya memiliki penampilan yang berbeda." Memang benar - ada lebih dari 100 jenis koi yang berbeda, tetapi inilah uraian singkat beberapa varietas populer:
Asagi: Ini memiliki tubuh biru atau indigo, dan merah di pangkal sirip dada mereka (disebut Motoaka).
Bekko: Nama jenis ini diterjemahkan menjadi "tempurung kura-kura," dan Anda dapat menemukannya dalam nuansa merah, kuning atau putih.
Butterfly / Hirenaga / Longfin: Jenis koi ini dinamai karena siripnya yang anggun dan flowy.
Kohaku: Ini dianggap sebagai varietas koi paling representatif dan dikenal karena pola merah khasnya pada tubuh putih.
Yamabuki: Ikan berwarna metalik ini terlihat seperti potongan emas yang berkilauan, dan dikatakan mewakili kekayaan dan kemakmuran.
"Koi berasal dari spesies Cyprinus carpio, ikan mas yang umum," kata Hilstrom. "Hanya ada beberapa spesies dan subspesies ikan koi berdasarkan lokasi mereka, tetapi varietas warna dari koi top 200 atau lebih. Varietas warna didasarkan pada warna, pola warna, dan pola skala. Misalnya, koi Gosanke populer termasuk Kohaku, Taisho Sanshoku Sanke, dan varietas Showa Sanshoku. "

4. Mereka Mengambil Banyak Real Estat
Koi adalah ikan yang cukup besar yang membutuhkan banyak ruang ("ikan besar, kolam kecil" tidak bekerja untuk mereka). Dengan perawatan yang tepat, koi dapat tumbuh antara 2 dan 3 kaki (0,6 dan 0,9 meter) panjangnya dan beberapa varietas, seperti Chagoi, bahkan bisa lebih besar - hingga 4 kaki (1,2 meter) panjangnya. Jika Anda ingin menjadikan koi sebagai hewan peliharaan, ketahuilah bahwa Anda harus memberi ruang bagi pertumbuhannya; anak kecil dapat hidup dengan nyaman di akuarium dalam ruangan yang besar, tetapi pada akhirnya perlu dipindahkan ke kolam besar. Koi juga tidak ringan - biasanya tip timbangan sekitar 35 pon (16 kg), dan para ahli menyarankan mengisi kolam dengan sekitar 500 hingga 1.000 galon (1.893 hingga 3.785 liter) air per koi dewasa.

5. Mereka Bisa Tetap Berada Lama
Jika Anda mencari hewan peliharaan dengan umur panjang, koi mungkin merupakan pilihan yang baik. Sebagian besar koi memiliki umur sekitar 20 hingga 30 tahun, dan percaya atau tidak, dilaporkan bahwa beberapa telah hidup selama lebih dari 200 tahun (yang mungkin merupakan investasi jangka panjang daripada yang Anda inginkan). Untuk meningkatkan kemungkinan koi Anda tetap hidup selama puluhan tahun, tentu saja Anda ingin menjaganya tetap sehat dengan air yang disaring dengan benar dan nutrisi padat. Pastikan mereka tidak tertekan mungkin juga, dengan menjaga lingkungan mereka tetap bersih dan bebas dari parasit dan bahan kimia beracun.

6. Anda Dapat Melatih Mereka untuk Datang kepada Anda - Serius
Suka kesetiaan anak anjing tetapi tidak bisa membuat komitmen? O.K., jadi seekor ikan koi tidak begitu pas, tetapi para ahli mengatakan Anda bisa melatih mereka untuk makan di luar tangan Anda, jadi itu berarti sesuatu, bukan?
"Ya koi bisa dilatih untuk makan di luar tangan Anda," kata Casey LeFever, co-pemilik Next Day Koi. "Ini semua tentang menyesuaikan diri dengan kehadiranmu di kolam atau akuarium. Untuk ikanmu, kamu terlihat seperti pemangsa yang lapar ketika kamu nongkrong di sisi kolam. Mulailah dengan melemparkan beberapa makanan sambil duduk di dekatnya, tetapi tidak menjangkau ke dalam. air. Mereka perlahan-lahan akan terbiasa dengan kehadiran Anda dan Anda dapat bekerja lebih dekat, akhirnya cukup dekat untuk memasukkan tangan Anda ke dalam air. Begitu mereka tahu tangan Anda bukan ancaman, mereka akan muncul dan memakan makanan dari tangan Anda. Ada cincin makanan terapung yang dapat membantu menjaga makanan dekat dengan tepi kolam. "
Memang benar, ikan harus merasa sangat aman dan aman agar cukup nyaman untuk menggigit keluar dari telapak tangan Anda, jadi perlahan-lahan membiasakan mereka dengan kehadiran Anda adalah kuncinya - dan jenis koi yang Anda coba latih bisa juga penting. "Pastikan kamu memiliki setidaknya satu varietas ramah seperti Chagoi, Soragoi, Ogon, atau Karashi," saran Kodama. "Beri mereka Manda Fu, makanan khusus untuk pelatihan pemberian makan tangan."
SEKARANG ITU MENARIK
Anda mungkin terpacu untuk menjadi pemilik koi yang bangga sekarang, tetapi para ahli menyarankan agar Anda meluangkan waktu dan mempelajari seluk beluk sebelum menyelam langsung. "Menjaga koi membutuhkan sejumlah pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat menyediakan lingkungan yang sehat bagi ikan Anda. serta mendiagnosis dan mengobati masalah ketika mereka muncul, "kata LeFever. "Mendidik diri sendiri tentang konstruksi kolam yang tepat, kualitas air dan siklus nitrogen, cara mengambil sampel insang dan lendir untuk diperiksa di bawah mikroskop, dan bagaimana mendiagnosis dan mengobati penyakit umum akan sangat membantu menghemat uang, menjaga ikan tetap sehat dan menjaga tingkat stres Anda turun. "

Disajikan dari howstuffworks

semoga bermanfaat
enjoy sharing
Koi untuk Persahabatan
Salam,
KiGoi: ada koi, ada kopi

Post a Comment for "Ikan Koi: Permata Cemerlang di Taman Air"

Berlangganan via Email